Tuesday, June 18, 2013

Segerobak Peluang Usaha Bakso Khas Solo




Bakso Solo punya ciri khas pada kuahnya yang bening. Salah satu yang menawarkan menu ini adalah Baso Solo Mas Edi di Bekasi. Karena mulai popular, pemiliknya mulai membuka peluang kemitraan. Paket investasinya Rp 150 juta, dengan target balik modal setahun.

USAHA kuliner bakso tak pernah sei. Beragam vasiari masakan bakso selalu mendapat sambutan hangat. Memang kuliner ini sangat akrab di lidah masyarakat, dan termasuk makanan yang paling sering dicari. Peluang menggiurkan inilah yang dilirik Arief Mone sehingga mendirikan usaha Baso Solo Mas Edi di bawah bendera PT Usaha Anak Bangsa.
Gerai perdana dibuka di Bekasi pad 1995. Penampilan bakso ini sepintas sama seperti baso pada umumnya : disajikan dengan mie putih atau bihun, lalu disiram kuah.”Ciri khasnya pada kuah bakso yang bening khas Solo, namun rasanya gurih,” tutur Arief.

Balik modal setahun

 Ada dua menu special di gerai Baso Solo Mas Edi yaitu, bakso solo super. Perbedaannya dari sisi ukuran bakso. Satu porsi bakso dibanderol Rp 9.000 hingga Rp 11.000 sedangkan, minuman berupa es the Rp 3.000 per gelas.Lantaran sudah cukup popular di wilayah Bekasi Arief pun mencoba ekspansi dengan menawarkan kemitraan sejak awal tahun ini. Arief bilang sudah ada dua yang akan membuka gerai gerai di Bekasi dan Cikarang pada akhir bulan ini.

Tertarik membuka usaha kuliner bakso? Arief menawarkan paket investasi senilai Rp 150 juta. Mitra Baso Solo Mas Edi akan mendapatkan interior resto, meja dan kursi, bahan baku awal, komputerisasi mesin, peralatan jualan dan billboard.” Mitra tinggal mencari tempat dan siap berjualan,”papar pria kelahiran 27 tahun silam ini.Selain itu, ada pula paket kombinasi bakso dan kemitraan lain yang sama-sama berada di bawah PT Usaha Anak Bangsa. Jika berminat, mitra cukup menambahkan Rp 3 juta untuk mendapatkan satu kemitraan tambahan, yaitu minuman es, crepes dan jagung.

Aried tidak mngutip royalty fee dari mitra. Namun, setiap mitra wajib membeli bakso dan bumbu dasar dari pusat.Ia akan memproyeksikan, mitra bisa membukukan omzet Rp 2 juta per hari, dengan perhitungan bisa menjual 150 porsi bakso dan 100 botol minuman. Jika target itu tercapai , dalam sebulan, mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 60 juta.

Dengan keuntungan bersih berkisar 15% - 20%, mitra diharapkan sudah bisa balik modal dalam waktu setahun.  Pengamat waralaba Erwin Halim  menuturkan, usaha bakso memiliki competitor dan konsumen yang sangat besar di Indonesia.” Walau pun suatu kuliner sudah terkenal di daerah itu, belum tentu rasanya bisa cocok di daerah lain,” paparnya.

Makanya, menurut Erwin, selain mengusung kualitas rasa, sangat penting adanya strategi branding dari produk yang ditawarkan . selain itu, pemilik usaha harus memperhatikan strategi lokasi yang baik supata tidak terganggu kompetiror lain. Namun, harus juga mempertimbangkan haga sewa tempat. Erwin  menilai, besaran investasi yang ditawarkan Baso Solo Mas Edi dan target balik modalnya cukup wajar. “kalau bisnis makanan biasanya bahkan lebih cepat.”  Katanya.

Baso Solo Mas Edi
Ruko Harapan Indah Blok FA
No 8 Bekasi, Jawa Barat
Telp. 021-26830000










Sumber : Kontan Selasa, 18 Juni 2013
   Pravita Kusumaningtias


            

Saturday, June 15, 2013

Pasang Surut Usaha Bento

Jakarta. Makanan cepat saji bento dari jepang cukup popular dan memiliki peminat tersebdiri di Indonesia. Di negeri asalnya, bento berarti makanan bekal yang komplit dan dikemas dalam satu wadah. Maka, pelaku usaha makanan di tanah air juga menyajikan bento yang terdiri dari nasi dan lauk pauk dalam satu kemasan kotak. Tak sulit menemukan gerai bento di pusat-pusat perbelanjaan. Sejak beberapa tahun terakhir, memang banyak pebisnis yang menjajal usaha bento. Ada juga yang membuka tawaran kemitraan. Umumnya, mereka membidik konsumen, mereka membidik konsumen menengah ke bawah. Dari hasil ulasan KONTAN terhadap tiga kemitraan usaha bento, perkembangan tidak semoncer beberapa tahun sebelumnya. Memang, masih ada kemitraan yang jumlah gerainya bertambah, namun ada pula yang berkurang. Para pemilik usaha punya alasan tersendiri terkait surutnya jumlah gerai. Selain alasan perubahan model gerai, juga karena kalah bersaing dengan competitor besar. Berikut hasil ulasan dari tiga kemitraan usaha bento, yakni Takeshi Bento, My Bento, dan Ikki Bento.

ü  Takeshi Bento

Usaha bento ini termasuk yang sudah cukup lama beroprasi. PT Travitindo Pratama membuka gerai Takeshi Bento perdana di Jakarta pada 2004 silam. Takeshi Bento menyajikan makanan khas jepang seperti beff yakiniku, ebi furai, chikern teriyaki, chicken katsu, fish stick, chicken strips, chicken wing, frech fries, yakameshi, dan miso shiro. Saat Kontan mengulas tawaran kemitraan ini pada Agustus 2012, sudah ada 150 gerai. Kurang lebih sethun berselang, jumlah gerainya masih bertumbuh. Sekarang tercatat ada total 180 gerai yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera hingga Papua.

Manager Pemasaran PT Travitindo Pratama Tomy mengklaim, menggeliatnya jumlah gerai Takeshi Bento di berbagai daerah di tanah air, karena memang investasi yang ditawarkan menarik. Pasalnya, paket usaha bento ini membidik konsumen dari kalangan menengah ke bawah, yang terbilang luas.
Apalagi, ada paket investasi rumah, sehingga mitra tidak harus mencari tempat usaha. “usaha bisa dijalankan dirumah,” ujar  Tomy.

Rentang harga menunya pun relative terjangkau, yakni mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per porsi. Sejauh ini, Takeshi bento masih menawarkan paket kemitraan yang sama. Ada empat pilihan paket investasi, yaitu paket rumah senilai Rp 4 juta. Lalu, paket booth dengan investasi Rp 12 juta. Kemudian, paket food court seharga Rp 80 juta, dan paket restoran dengan investasi Rp 150 juta.

Dengan banyaknya pilihan paket investasi dan harga tang relative murah, Tomy optimis, jumlah gerai Takeshi Bento masih bisa bertambah ia menargetkan hingga penghujung tahun ini, bisa menambah 20 gerai baru, sehingga total berjumlah 200 gerai.

Sepaya target bisa tercapai, pihak pusat juga menyiapkan inovasi menu. Menu terbarunya berupa sajian nugget. Inovasi menu dilakukan demi menarik pelanggan supaya tidak bosan. Kata Tomy, pihaknya sedang mengembangkan menu-menu cemilan yang diharapkan bisa diperkenalkan pada dua bulan ke depan.

ü  My Bento

Bisnis bento yang berpusat di Jatiwaringin Pondok Gede, Jakarta Timur ini telah beroperasi sejak 2006. Pemiliknya, Dede Sulaiman kemudian mulai menawarkan peluang kemitraan My Bento pada 2009 ketika Agustus lalu, KONTAN mengulas kemitraan My Bento, jumlah gerainya sudah mencapai 80 gerai. Namun sekang, jumlah justru berkurang menjadi hanya 75 gerai.

Dede mengaku, sejatinya jumlah mitranya masih sama. Namun, ia menggabungkan beberaa mitra yang dulu membuka gerai berbentuk booth, diganti menjadi bentuk restoran.”kami mau branding sebagai second linier di bisnis bento, setelah Hoka Hoka Bento,” ungkapnya.Itu sebabnya sekang Dede mengganti semua booth My Bento menjadi restoran. Menurutnya, cara ini dilakukan demi memberikan kenyamanan bagi konsumen. Meski menyasar pasar kelas menengah ke bawah, kenyamanan gerai tetap hal yang peting.

Jadi, dari beberapa mitra yang bergabung, ada satu mitra yang ditunjuk sebagai pengelola gerai, sementara sisanya menjadi investor pasif. Dengan strategi itu, Dede mengaku , bisnisnya bisa jadi stabil, dan kualitas produk pun lebih terjaga. Meski begitu, Dede tidak mengubah besaran paket investasi My Bento. Tetap masih ada enam pilihan paket, mulai dari paket premium seharga Rp 35 juta, hingga paket super restaurant senilai Rp 250 juta. Semuanya kini memakai konsep restoran, dengan luas ruangan mulai 15 meter pesegi m2 hingga 150 m2Harga jual produk pun tidak berubah dibanding tahun lalu. Asal tahu saja, My Bento menawarkan berbagai kuliner asal jepang, seperti shrimp roll, takoyaki, chicken katsu, dan beef teriyaki. Menu tersebut dibanderol mulai dari rp 8.000 sampai Rp 20.000 per porsi.

Seperti pebisnis bento lainnya, Dedy pun rajin menambah varian menu, supaya bisa mempertahankan pelanggan. Tahun lalu, ia menambah menu chicken soup dan shrimp soup.” Sekarang menu My Bento sudah lengkap, mulai dari appetizer, yaitu sup menu utama,  hingga snack” ujarnta. Ia optimis masih bisa menambah 10 gerai My Bento hingga tahun ini. Bahkan hingga 2015, Dede berharap My Bento punya 100 gerai. Ia berencana ekspansi ke daerah Indonesia Timur.”pasarnya cukup bagus di sana. Kami sedang pikirkan menu apa yang bisa ditambahkan supaya cocok untuk masyarakat Papua dan sekitarnya,” ucapnya.

ü  Ikki Bento

Abri Mada merintis usaha Ikki Bento di Bekasi sejak 2005. Lima tahun kemudian ia mulai membuka peluang kemitraan. Sayangnya, setelah ,mengalami masa kejayaan beberapa tahun silam, kini usahanya mulai meredup. Kondisi ini terbukti dengan berkurangnya jumlah gerai dan mitra.

Tahun lalu tercatat masih ada 15 gerai Ikki Bento. Namun, sekang hanya tersisia 11 Gerai yang semuanya berlokasi di wilayah Pulau Jawa. “Dulu, saya memiliki 200 mitra yang berjualan di gerobak-gerobak, tapi kini sudap tutup semua,”ujar Abri.

Menurutnya, sejak dua tahun lalu, ia sudah tidak menawarkan kemitraan Ikki Bento. Ia memilih fokus mengelola gerai yang sudah ada. Katanya, usaha ini meredup dua alas an, yaitu mahalnya ongkos kirim, dan ketatnya persaingan dengan competitor besar, seperti Hoka Hoka Bento.”kami produksi bahan baku di Jakarta untuk kirim ke luar Pulau Jawa, makanya mahal sekali. Sulit memasang harga jual yang murah kepada konsumen,”paparnya.

Selain itu competitor besar mulai meluncur paket Rp 10.000 yang sudah termasuk nasi dan gorengan. Hal ini memukul telak usaha bento miliknya. Mayoritas pembeli beralih ke competitor dengan merek yang lebih terkenal.”Kami jadi tidak bisa bersaing,” keluh Abri.Selain tetap berusaha mengelola dan mempertahankan operasional gerai yang ada, Abri saat ini juga senang fokus mengembangkan bisnis baru di bidang kuliner tradisional Indonesia. “Saya juga tetap memikirkan inovasi untuk usaha bento ini. Tapi mungkin masih dua tahun lagi bisa meluncur di pasar,” imbuhnya.

Temukan Diferensiasi dan Keunikan Produk

Pengamat waralaba dari Proverb Consulting Erwin Halim menilai, menu bento sebetulnya sudah cukup populer di kalangan masyarakat saat ini. Dengan semakin dikenalnya bento, pemain di bisnis kuliner ini pun semakin banyak.”konsekuensinya, persaingan dengan pemain besar dan sudah populer,” tuturnya.
Meski begitu, Erwin melihat, masih ada sejumlah pemain yang bisa bertahan dan tumbuh. Katanya, jika gerai takeshi Bento bisa bertambah, artinya si pemilik usaha bisa menemukan suatu keuinikan atau kelebihan dibanding yang lain.

Jadi bisa dibilang, meskipun pemainnya banyak ataupun terjadi kejenuhan, sebetulnya tetap ada peluang untuk sukses di bidang usaha bento. Yang harus dilakukan pemilik gerai adalah mencari kelebihan dan keunikan yang bisa ditawarkan kepada konsumen.” Kalau mau bersaing dengan pemain besar, jangan head to head dengan kelas dan produk yang sama persis. Akan tetapi, pemilik usaha harus pintar mencari celah dimana pemain utama tidak bermain disitu” papar Erwin.

Celah yang perlu dicari pemilik usaha cukup banyak. Misalnya menyasar target konsumen  yang berbeda, varian produk yang berbeda, ukuran, rasa hingga harga jual yang berbeda dengan pemain besar.
Apalagi mengingat jenis makanan ini sudah cukup popular pemain bento harus pintar mencari diferensiasi produknya.”carilah keunikan produk. Sehingga dikenal konsumen dan bisa terus berkembang,”Imbuh Erwin.

Sumber : Kontan Sabtu 15 Juni 2013
Noor M. Falih, Marantina, Prvita K, Revi Yohana



Friday, June 14, 2013

Menentukan Business Model dari Suatu Bisnis Online

PERTANYAAN:
Yth. Pak Erwin,
saat ini bisnis online sedang booming. Pemainnya terus tumbuh. Selain itu, konsumen belanja online juga naik pesat sehingga prospek usaha ini sepertinya sangat menjanjikan. Saya ingin menanyakan caranya membuat bisnis online. Terima kasih .
Erry Nirbhaya

JAWABAN:
Bisnis online atau bisnis cara elektronik dapat didefinisikan sebagai kegiatan bisnis yang menggunakan channel secara elektronik dalam menyampaikan produk untuk informasi produk kepada konsumen dari pemasok bisnis kita sampai diterima oleh konsumen.

Saat ini layanan bisnis online dapat dilakukan dalam berbagai cara. Penawaran menggunakan pesan singkat (SMS) juga banyak dilakukan, termasuk layanan pesan singkat gratis yang ditawarkan menggunakan smartphone.

Jaringan social media saat ini sudah banyak sekali digunakan untuk menjadi marketing channel. Iklan baris gratis di internet, bahkan toko online gratis baik dari Indonesia maupun dari luar negeri sudah sangat banyak. Jadi kalau pertanyaannya bagaimana membuat bisnis online, dengan sangat murah dan cepat dapat dilakukan sekarang ini. Yang harus menjadi perhatian Anda adalah media mana yang akan anda pilih?

Hal penting lainnya, selain memilih media adalah business model dari bisnis online itu sendiri. Business model adalah bagaimana kita dapat menangkap , menawarkan dan menyampaikan value atau nilai dari produk atau jasa kita kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Business model yang baik adalah yang dapat menangkap kebutuhan dan keinginan pasar, serta mampu melihat apakah marketing channel dari pelanggan atau calon pelanggan Anda. Apa yang menjadi value atau nilai dari produk atau jasa yang anda tawarkan kepada pelanggan atau jalan pelanggan merupakan hal yang sangatlah penting.

Pelanggan bukan hanya mencari produk atau jasa yang dibutuhkan, tapi juga kompetitif. Memberikan artinya anda perlu mempelajari competitor dari produk atau jasa sejenis.

Saran saya, sebaiknya anda menentukan lebih dahulu business model anda. Tangkaplah apa yang dibutuhkan atau yang diinginkan pasar anda, baru menentukan apa yang akan anda tawarkan kepada calon pelanggan. Setelah itu carilah pemasok untuk bahan baku dari komponen anda. Lalu, carilah sumber daya untuk mengelola bahan baku menjadi barang jadi atau pun sumber daya untuk jasa Anda.

Hal lainnya dalam bisnis online adalah unsur kepercayaan yang harus diberikan kepada calon pelanggan. Kalau calon pelanggan sudah mendapati produk atau jasa yang dipilihnya, langkah berikutnya adalah melakukan transaksi pembayaran, sebelum anda mengirim barang anda. Kepercayaan kepada calon pelanggan harus dibuat dari awal dengan cara memilih media elektronik apa yang akan anda gunakan dan memberikan bukti bahwa produk yang akan mereka beli pasti dikirim.

Semua calon pelanggan pada awalnya tidak ada yang percaya untuk membeli, kecuali perusahaan yang menjual memberi cukup kepercayaan. Oleh karena di Indonesia penggunaan kartu kredit kurang popular, cara transfer adalah cara yang paling banyak digunakan, sehingga anda perlu memilih bank yang banyak digunakan masyarakat dan mudah akses pengecekannya.

Respon yang cepat dari customer service anda dan kemudahan untuk dapat dihubungi baik melalui telepon, SMS, chat room dan sebagainya, adalah nilai tambah untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan kepada calon pelanggan.

Semoga jawaban saya ini dapat membantu anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan, pembaca dapat mengirim email ke Erwin.halim.mba@gmail.com.

Sumber : Kontan 14 Juni 2013