Wednesday, January 15, 2014

Bisnis Waralaba Yang Menjanjikan di Tahun 2014



Pertanyaan:
Pak Erwin Halim Yth.
    Saya menghadiri pameran franchise dan peluang bisnis di Jakarta beberapa waktu lalu dan saya tertarik pada beberapa bisnis yang ditawarkan di pameran tersebut. Namun karena banyak tawaran yang ditawarkan di pameran tersebut. Namun, karena ada banyak tawaran saya menjadi bingung, mana yang harus saya pilih dan bagaimana saya memilij mengingat tahun depan di Indonesia akan berlangsung pemilu.
Bagaimana tren tahun 2014? Mohon pencerahan Pak Erwin. Terimakasih

 Sutriso
Yogyakarta

JAWABAN:
Dear Pak Sutrisno. Memang banyak sekali penawaran bisnis, baik franchise (waralaba) maupun peluang usaha ataupun license. Biasanya para investor tidak terlalu peduli dengan istilah-istilah tersebut, namun dalam hal ini bapak harus mengerti apa saja hal-hal yang dijanjikan oleh para pemberi waralaba maupun lisensi dan peluang usaha tersebut. Dalam perjanjian tertulis harus jelas dan detail agar di kemudian waktu kedua belah pihak tidak dirugikan dan tidak ada salah komunikasi antara kedua belah pihak.

    Untuk saya, hal yang paling menarik adalah bisnis apa yang bapak pilih. Jenis bisnis apa yang bapak sukai lebih penting dari pada janji-janji yang ditawarkan oleh para pemasar bisnis. Kalau bapak beli, seharusnya ada masalah apapun akan bapak kerjakan demi bisnis tersebut tetap jalan. Banyak calon investor yang hanya tertarik pada keuntungan saja, tanpa peduli suka atau tidak dengan bisnis tersebut serta bisa menjalankan atau tidak. Hal ini suka diabaikan banyak orang dan dianggap tidak penting. Tentulah bukti bahwa bisnis tersebut menguntungkan sangat penting.

    Hal berikutnya adalah memilih merek. Carilah perusahaan yang mulai mewaralabakan dan terbukti menguntungkan  sangat penting.
Hal berikutnya adalah memilih merek. Carilah perusahaan yang mulai mulai mewaralabakan dan terbukti menguntungkan dengan menunjukan laporan keuangan yang dihasilkan. Tentu saja bapak tidak boleh meminta laporan keuangan dari perusahaan yang memberikan penawaran , kecuali yang bersangkutan memang memberikan. Namun kalau bapak melihat saja harusnya boleh, untuk memberi keyakinan bisnis yang bapak akan beli.

    Tanyakan juga support atau dukungan marketing dan SOP-nya. Bagaimana mencari pelanggan, memilih tempat, dekorasi, mencari karyawan, training karyawan, gaji, supplier, sampai penggunaan sistem informasi (aplikasi) yang digunakan. Jangan ragu bertanya detail karena bapak akan menjadi rekan bisnis.

    Tren bisnis franchise tahun depan menurut saya tetap akan banyak perusahaan makanan dan minuman (F&B), retail dan pendidikan mengikuti berikutnya. Saat ini sekitar perusahaan franchise makanan dan minuman. Menarik banyak peminat karena ROI  yang besar dan cepat payback-period-nya (waktu BEP-nya).

    Di sektor ini juga makin banyak restoran cepat saji menjual produk-produk yang makin mirip. Misalnya makin banyak yang menjual ayam goring plus nasi meskipun yang menjadi kompetensinya adalah burger.
    Selain menjual ayam goreng, juga menjual kopi dan donat. Ada pula yang menyediakan menu makan pagi dan makan sore yang sebelumnya tidak ada.

Selanjutnya adalah bisnis ritel. Beberapa minimarket  bahkan lebih mengarah ke convenience store. Makin banyak yang buka 24 jam 7 hari perminggu. Bisnis pendidikan juga relatif stabil meski pay back period lebih panjang.

    Tren ini tidak sama setiap tahun, tapi saya pikir apapun di tahun 2014(yang juga ada pemilu 2014) sangatlah penting memilih bisnis yang Anda sukai. Dan harus merubah asumsi mengingat adanya pemilu di tahun 2014. Kalau asumsi BFP enam bulan, mungkin tahun depan bisa lebih lambat atau lebih cepat (tergantung jenis bisnis).
Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan pembaca dapat mengirim email ke: erwin.halim.mba@gmail.com

Sumber: Koran Kontan 20 Desember 2013

No comments:

Post a Comment