Thursday, January 30, 2014

Mengintip Peluang Usaha Penitipan Anak

Kesibukan orang tua yang tinggi di luar rumah, membuat tempat penitipan anak menjadi ceruk bisnis yang menjanjikan. Itulah yang mendorong Kids Fun School di Sidoarjo, Jawa Timur, menawarkan kemitraan. Dengan biaya investasi Rp 100 juta-Rp 120 juta, mitra bisa mengantongi omzet Rp 40 juta-Rp 50 juta per bulan.

Usaha PAUD dan penitipan anak milik Intan Merdekawati di Sidoarjo,Jawa Timur, ini berdiri sejak 2010. Lantas, pada 2011, Kids Fun Schoolmenawarkan kemitraan. "Kami fokus pada tempat penitipan anak, tapi juga dibarengi dengan tempat anak belajar di usia dini," ujar Chalid Abdie Ade, Bagian Pengembangan Manajemen Kids Fun School.

Hingga kini Kids Fun School sudah punya empat outlet yang tersebar di Sidoarjo dan Malang. Dua outlet di antaranya merupakan milik sendiri dan sisanya milik mitra. Rencananya, Kids Fun School akan membuka outlet pertamanya di Jakarta tahun ini.

Dalam satu outlet, Kids Fun School bisa menampung sekitar 50 anak. Tempat penitipan anak ini menerima anak usia dua bulan hingga sembilan tahun. Tiap anak harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000 dan biaya gedung dan sarana dengan kisaran harga Rp 800.000-Rp 2 juta per tahun, serta biaya bulanan Rp 700.000.

Jika tertarik menjajal kemitraan ini, investasi yang dibutuhkan Rp 100 juta-Rp 120 juta untuk masa kemitraan lima tahun. Namun, mitra hanya perlu menyediakan 49% dari total biaya. Pasalnya, pengelolaan sekolah tak sepenuhnya dipegang mitra, tapi masih dalam tanggung jawab pusat. Jadi, biaya investasi mitra Rp 49 juta-Rp58 juta. Itu sudah termasuk sewa tempat dua tahun, perlengkapan sekolah dan pelatihan guru.
Cermati isi kontrak

Hitungan Chalid, dalam sebulan Kids Fun School bisa mengantongi omzet Rp 40 juta-Rp 50 juta. Pada enam bulan pertama, omzet digunakan untuk biaya operasional. Selanjutnya, omzet digunakan untuk membayar sewa tempat. Chalid menjanjikan minimal dalam 2,5 tahun, modal mitra sudah kembali.

Mitra juga perlu menyiapkan bangunan dua lantai dengan luas 7 meter x 12 meter. Hitung-hitungan Chalid, total keuntungan yang bisa diraup setiap outlet Kids Fun School berkisar antara Rp 280 juta-Rp 320 juta per tahun.

Dari omzet tersebut, mitra mendapatkan 49% dari laba bersih itu dan sisanya merupakan hak pihak pusat. Mitra juga berkesempatan terlibat langsung atau mengelola sendiri outlet yang dimilikinya jika memang bersedia. "Selama ini, mitra menyerahkan pada pusat dalam hal operasional sehingga diberlakukan sistem bagi keuntungan," ucap dia.

Pengamat waralaba, Erwin Halim menilai tawaran kemitraan seperti itu cukup unik. Namun, ia menganggap waktu balik modal cukup lama. Erwin juga menyarankan, mitra untuk teliti terhadap isi kontrak sebelum bekerjasama.

Kidz Fun School        
Pondok Wage Indah II / MM-15 Sidoarjo, Jawa Timur
Telp. 031-36000333         

Hp. 08123518515



Sumber: Koran Kontan, 17 Januari 2014

No comments:

Post a Comment