JAKARTA. Piza jelas bukan makanan asli
Indonesia. Tapi kita tak bisa menututup maya bahwa makanan ini popular dadn
dapat diterima dengan baik oleh banyak kalangan.
Bahkan
kini penjaja pizza bertebaran mulai dari kelas premium hingga kaki lima.
Alhasil, makanan asli Italia ini telah sejajar dengan burger, kebab, dan
makanan impor yang lain.
Penjaja
pizza ini beberapa di antaranya merupakan waralaba. Umumnya mereka mengarap
segemen pasar kelas menengah dengan menawarkan harga terjangkau. Beberapa
tawaran waralaba pizza pernah diulas KONTAN.
Nah, bagaimana gambaran
perkembanfan bisnis waralaba pizza tersebut sekarang? Berikut ulasannya”
● Pizza
Van Java
Pada
2012 silam, KONTAN pernah mengulas tawaran kemitraan dari Pizza Van Java asal
Cirebon, Jawa Barat. Kala itu, pizza Van java masih memiliki 11 gerai, delapan
diantaranya milik mitra, kini, Pizza van java mengalami pertambahan mitra dari
delapan mitra menjadi 11 mitra. Sementara gerai milik sendiri tetap tiga. Jadi
cabang pizza Van Java kini ada 14 cabang, semuanya ada disekitar Cirebon, Jawa
barat.
Apik
S Rizal, Manajer Pizza Van Java mengakui, pertumbuhan jumlah mitra dan bisnis
Pizza Van Java tergolong lamban. Ia berdalih, pihaknya memang belum berencana
melebarkan sayap bisnis ini keluar dari Cirebon.
Untuk
mempertahankan pasar dan meningkatkan jumlah mitra , Pizza Van Java berusaha
menjaga kualitas produk.”Tujuannya agar pelanggan tidak lari ke tempat lain,
dan adanya pelanggan baru,” papar Apik.
Selain
itu, Pizza Van Java juga gencar melakukan promosi lewat media online. Agar
pelanggan terpikat, gerai pizza ini tidak menaikan harga yakni sebesar Rp
13.000-Rp 30.000 per loyang.
Pun
begitu biaya investasi juga tidak mengalami perubahan. Pertama, paket investasi
Rp 25 juta. Dipaket ini, mitra akan memperoleh fasilitas pelatihan karyawan
selama tiga hari, satu unit booth lengkap dengan peralatan masak. Lalu ada
bahan baku awal, paket promosi, frezer dan seragam.
Kedua,
paket investasi Rp 75 juta. Untuk paket ini, selain fasilitas seperti paket
pertama, juga ada tambahan bonus alat produksi pizza dan hak supplier Pizza Van
Java, termasuk tiga unit boks motor.
Dengan
masa kerjasama selama mlima tahun, Apik mengatakan, mitra paket kedua juga
berhak menjadi master franchise .” Omzet rata-rata mitra saat ini stabil di
angka Rp 600.000 sampai Rp 850.000 perhari,”ujar Apik.
Salah
satu menu andalan Pizza van java adalah Fruit Javanesse Pizza. Menu ini
memiliki khas topping buah buahan tropis. Seperti. Seperti pisang, jeruk, juga
jagung.
● Piramizza
Pebisnis
pizza lain adalah Piramizza yang berdiri sejak 2007 di Surabaya. Berbeda debgab
tampilan kebanyakan pizza di pasaran, Piramizza mengusung pizza berbentuk es
krim yang menarik.
Ide
pizza berbentuk es krim ini dicetuskan Ramadhan Yasmanto. Namun di tengah jalan
manajemen Piramizza diambil alih PT Baba Rafi Indonesia dan sejak Agustus 2008
mereka menawarkan waralaba.
Saat
KONTAN mengulas Piramizza pada November 2008 lalu, Piramizza baru memiliki lima
gerai milik sendiri di Surabaya. Kala itu, mereka menawarkan kemitraan dengan
investasi senilai Rp 200 juta, untuk lima booth sekaligus. Selanjutnya
operasional dijalankan sepenuhnya oleh franchisor. Dengan asumsi omzet Rp
400.000 per hari atau Rp 12 juta per gerai per bulan, mitra bisa balik modal
dalam 17 bulan.
Hendy Setiono, pemilik PT Baba Rafi Indonesia yang bertanggung jawab atas waralaba ini, mengatakan, sejak tahun 2010 peminat kemitraan Pirramizza cukup banyak. Akhirnya mereka mengubah paket investasi yang ditawarkan menjadi paket booth senilai Rp 45 juta, belum termasuk sewa tempat.
Dengan paket sebelumnya yakni investasi Rp 200 juta tersebut, Baba Rafi mampu membuka 30 gerai Piramizza. Kini, dengan tambahan paket booth Rp 45 juta, Piramizza sudah berkembang pesat dan memiliki 70 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Medan. "Dari total gerai ini, hanya 20% milik sendiri sedangkan sisanya milik mitra," ujar Hendy.
Menurut Hendy, dengan harga jual piza rata-rata Rp 15.000 per loyang, mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 15 juta per bulan. Tapi, Piramizza mengenakan royalty fee 5% dari omzet.
Mitra bisa memperoleh laba bersih sekitar 25% dari omzet. "Balik modalnya kami perkirakan 1,5 tahun," jelasnya.
Hendy mengatakan, pihaknya akan akan terus mengembangkan produk piza Piramizza ini lewat beberapa inovasi. Prospek bisnis piza yang cukup bagus membuatnya optimistis bahwa target penambahan 30 gerai di tahun ini akan tercapai.
Rencananya, Hendy akan memboyong Piramizza ini ke Malaysia, seperti yang ia lakukan pada dua merek waralaba milik Baba Rafi sebelumnya yakni Kebab Turki dan Ayam Bakar Mas Mono.
● Papa Ron's
Papa Ron’s Pizza merupakan salah satu waralaba lokal yang cukup terkenal di kota-kota besar di Indonesia. Anak usaha PT Eatertainment Indonesia Tbk ini, memulai bisnisnya di tahun 2000. Dua tahun berselang, mereka menawarkan waralaba. Berbeda dengan gerai piza impor, Papa Ron's lebih menyasar kalangan menengah bawah.
Pada tahun 2007, KONTAN pernah menulis waralaba Papa Ron's Pizza. Kala itu, jumlah gerainya sebanyak 46 cabang. Namun, tahun 2010 menyusut menjadi 34 gerai.
Rupanya, sejak tahun 2007 sampai 2010, Papa Ron's telah menutup sebanyak 12 gerai, karena berbagai persoalan seperti tidak mendapat perpanjangan izin sewa tempat, atau pun mitra tidak lagi memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan kantor pusat. "Namun selain menutup gerai, kami juga membuka gerai baru," kata Noragraito, General Manager Papa Ron's.
Pada pertengahan tahun 2012 ini, gerai Papa Ron's kembali menyusut. Saat ini jumlah gerainya sebanyak 33 yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. "Sebenarnya jumlah gerai kami ada 36 cabang, tapi tiga cabang yang berlokasi di Medan sedang bermasalah dengan kami, jadi kami tidak hitung," ujar Noragraito.
Bagi calon investor yang berminat membuka gerai di suatu wilayah, Papa Ron's mensyaratkan investor harus merupakan penduduk lokal di wilayah masing-masing. Maklum, selain lebih mengetahui wilayahnya, ia berharap investor bisa terjun langsung membesarkan usahanya.
Noragraito bilang, investor harus menyediakan dana investasi antara Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar. Selain itu, manajemen juga akan memungut biaya royalti sebesar 5% dan fee sebesar US$ 25.000 untuk masa kerja sama delapan tahun. "Jika mereka menjalankannya dengan benar, dalam waktu 3,5 tahun modal sudah pasti kembali," ujarnya. Sejak 2010 sampai saat ini biaya investasi tersebut belum mengalami perubahan.
Untuk mempertahankan pangsa pasar, Papa Ron's konsisten mempertahankan kualitas produk. Sehingga semua produk piza yang dijual di gerai Papa Ron's milik mitra memiliki kualitas yang sama. Manajemen Papa Ron's rajin mengevaluasi mitra, kalau tidak bisa ikut standar maka akan diputus.
Hendy Setiono, pemilik PT Baba Rafi Indonesia yang bertanggung jawab atas waralaba ini, mengatakan, sejak tahun 2010 peminat kemitraan Pirramizza cukup banyak. Akhirnya mereka mengubah paket investasi yang ditawarkan menjadi paket booth senilai Rp 45 juta, belum termasuk sewa tempat.
Dengan paket sebelumnya yakni investasi Rp 200 juta tersebut, Baba Rafi mampu membuka 30 gerai Piramizza. Kini, dengan tambahan paket booth Rp 45 juta, Piramizza sudah berkembang pesat dan memiliki 70 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Medan. "Dari total gerai ini, hanya 20% milik sendiri sedangkan sisanya milik mitra," ujar Hendy.
Menurut Hendy, dengan harga jual piza rata-rata Rp 15.000 per loyang, mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 15 juta per bulan. Tapi, Piramizza mengenakan royalty fee 5% dari omzet.
Mitra bisa memperoleh laba bersih sekitar 25% dari omzet. "Balik modalnya kami perkirakan 1,5 tahun," jelasnya.
Hendy mengatakan, pihaknya akan akan terus mengembangkan produk piza Piramizza ini lewat beberapa inovasi. Prospek bisnis piza yang cukup bagus membuatnya optimistis bahwa target penambahan 30 gerai di tahun ini akan tercapai.
Rencananya, Hendy akan memboyong Piramizza ini ke Malaysia, seperti yang ia lakukan pada dua merek waralaba milik Baba Rafi sebelumnya yakni Kebab Turki dan Ayam Bakar Mas Mono.
● Papa Ron's
Papa Ron’s Pizza merupakan salah satu waralaba lokal yang cukup terkenal di kota-kota besar di Indonesia. Anak usaha PT Eatertainment Indonesia Tbk ini, memulai bisnisnya di tahun 2000. Dua tahun berselang, mereka menawarkan waralaba. Berbeda dengan gerai piza impor, Papa Ron's lebih menyasar kalangan menengah bawah.
Pada tahun 2007, KONTAN pernah menulis waralaba Papa Ron's Pizza. Kala itu, jumlah gerainya sebanyak 46 cabang. Namun, tahun 2010 menyusut menjadi 34 gerai.
Rupanya, sejak tahun 2007 sampai 2010, Papa Ron's telah menutup sebanyak 12 gerai, karena berbagai persoalan seperti tidak mendapat perpanjangan izin sewa tempat, atau pun mitra tidak lagi memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan kantor pusat. "Namun selain menutup gerai, kami juga membuka gerai baru," kata Noragraito, General Manager Papa Ron's.
Pada pertengahan tahun 2012 ini, gerai Papa Ron's kembali menyusut. Saat ini jumlah gerainya sebanyak 33 yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. "Sebenarnya jumlah gerai kami ada 36 cabang, tapi tiga cabang yang berlokasi di Medan sedang bermasalah dengan kami, jadi kami tidak hitung," ujar Noragraito.
Bagi calon investor yang berminat membuka gerai di suatu wilayah, Papa Ron's mensyaratkan investor harus merupakan penduduk lokal di wilayah masing-masing. Maklum, selain lebih mengetahui wilayahnya, ia berharap investor bisa terjun langsung membesarkan usahanya.
Noragraito bilang, investor harus menyediakan dana investasi antara Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar. Selain itu, manajemen juga akan memungut biaya royalti sebesar 5% dan fee sebesar US$ 25.000 untuk masa kerja sama delapan tahun. "Jika mereka menjalankannya dengan benar, dalam waktu 3,5 tahun modal sudah pasti kembali," ujarnya. Sejak 2010 sampai saat ini biaya investasi tersebut belum mengalami perubahan.
Untuk mempertahankan pangsa pasar, Papa Ron's konsisten mempertahankan kualitas produk. Sehingga semua produk piza yang dijual di gerai Papa Ron's milik mitra memiliki kualitas yang sama. Manajemen Papa Ron's rajin mengevaluasi mitra, kalau tidak bisa ikut standar maka akan diputus.
Peluang
Piza Murah Lebih Besar
WARALABA dan kemitraan piza
di Indonesia memiliki pasar yang masih cukup luas. Terutama di segmen menengah
kebawah yang masih tergolong awam terhadap raa makanan ini. Karenanya, makanan
ini bisa dimodifikasi dan dikenalkan ke mayarakat dengan murah. Bisnis ini
sudah banyak digarap oleh pewaralaba piza lokal yang menawarkan investasi
dengan nilai nominal tak terlalu besar.
Menurut
pengamat waralaba dari Proverb Consulting Erwin Halim, piza
yang menyasar pasar kelas mengah bahwa menembus pasar yang ada saat ini pun
bukanlah perkara mudah. “Mungkin masih banyak masyarakat yang tidak terbiasa
dengan piza, sebab ini kan makanan khas Eropa, sementara kita lidah Asia,”ujar Erwin.
Untuk
itu, pelaku usaha piza ini perlu lebih gencar melakukan promosi dan memberikan
informasi yang banyak ke pasar mengenai produk dan brand yang mereka usung. Selain
itu, pengusaha piza juga menyediakan varian rasa yang disesuaikan dengan
keinginan konsumen. Pengusaha bisa memainkan rasa hingga harga tapi tetap pada
taraf yang wajar dan terjangkau oleh masyarakat.”Terus mencari celah serta
perbanyak keunikan,” imbuhnya.
Erwin mengingatkan, bisnis ini
berkaitan dengan lidah masyarakat karenanya selera masyarakat harus tetap
diperhatikan. Jika pasar telah mengenal makanan serta rasanya, ditambah harga
yang relatif terjangkau, bukan mustahil piza dengan harga murah diminati di
kelasnya.
Sumber : Kontan, 9 Juni 2012
Noverius Laoli,
Fahriyadi, revi Yohana Simanjuntak
No comments:
Post a Comment