PERTANYAAN:
Yth. Pak Erwin,
saat ini bisnis online sedang booming. Pemainnya terus
tumbuh. Selain itu, konsumen belanja online juga naik pesat sehingga prospek
usaha ini sepertinya sangat menjanjikan. Saya ingin menanyakan caranya membuat
bisnis online. Terima kasih .
Erry Nirbhaya
JAWABAN:
Bisnis online atau bisnis cara elektronik dapat
didefinisikan sebagai kegiatan bisnis yang menggunakan channel secara elektronik
dalam menyampaikan produk untuk informasi produk kepada konsumen dari pemasok
bisnis kita sampai diterima oleh konsumen.
Saat ini layanan bisnis online dapat dilakukan dalam
berbagai cara. Penawaran menggunakan pesan singkat (SMS) juga banyak dilakukan,
termasuk layanan pesan singkat gratis yang ditawarkan menggunakan smartphone.
Jaringan social media saat ini sudah banyak sekali digunakan
untuk menjadi marketing channel. Iklan baris gratis di internet, bahkan toko
online gratis baik dari Indonesia maupun dari luar negeri sudah sangat banyak.
Jadi kalau pertanyaannya bagaimana membuat bisnis online, dengan sangat murah
dan cepat dapat dilakukan sekarang ini. Yang harus menjadi perhatian Anda
adalah media mana yang akan anda pilih?
Hal penting lainnya, selain memilih media adalah business model
dari bisnis online itu sendiri. Business model adalah bagaimana kita dapat
menangkap , menawarkan dan menyampaikan value atau nilai dari produk atau jasa
kita kepada pelanggan atau calon pelanggan.
Business model yang baik adalah yang dapat menangkap kebutuhan
dan keinginan pasar, serta mampu melihat apakah marketing channel dari
pelanggan atau calon pelanggan Anda. Apa yang menjadi value atau nilai dari
produk atau jasa yang anda tawarkan kepada pelanggan atau jalan pelanggan
merupakan hal yang sangatlah penting.
Pelanggan bukan hanya mencari produk atau jasa yang
dibutuhkan, tapi juga kompetitif. Memberikan artinya anda perlu mempelajari
competitor dari produk atau jasa sejenis.
Saran saya, sebaiknya anda menentukan lebih dahulu business
model anda. Tangkaplah apa yang dibutuhkan atau yang diinginkan pasar anda,
baru menentukan apa yang akan anda tawarkan kepada calon pelanggan. Setelah itu
carilah pemasok untuk bahan baku dari komponen anda. Lalu, carilah sumber daya
untuk mengelola bahan baku menjadi barang jadi atau pun sumber daya untuk jasa
Anda.
Hal lainnya dalam bisnis online adalah unsur kepercayaan
yang harus diberikan kepada calon pelanggan. Kalau calon pelanggan sudah
mendapati produk atau jasa yang dipilihnya, langkah berikutnya adalah melakukan
transaksi pembayaran, sebelum anda mengirim barang anda. Kepercayaan kepada
calon pelanggan harus dibuat dari awal dengan cara memilih media elektronik apa
yang akan anda gunakan dan memberikan bukti bahwa produk yang akan mereka beli
pasti dikirim.
Semua calon pelanggan pada awalnya tidak ada yang percaya
untuk membeli, kecuali perusahaan yang menjual memberi cukup kepercayaan. Oleh
karena di Indonesia penggunaan kartu kredit kurang popular, cara transfer
adalah cara yang paling banyak digunakan, sehingga anda perlu memilih bank yang
banyak digunakan masyarakat dan mudah akses pengecekannya.
Respon yang cepat dari customer service anda dan kemudahan
untuk dapat dihubungi baik melalui telepon, SMS, chat room dan sebagainya,
adalah nilai tambah untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan kepada calon
pelanggan.
Semoga jawaban saya ini dapat membantu anda. Untuk informasi
lebih lanjut dan pertanyaan, pembaca dapat mengirim email ke Erwin.halim.mba@gmail.com.
Sumber : Kontan 14 Juni 2013
No comments:
Post a Comment