Friday, October 28, 2011

Refleksi Laba dari Bisnis Pijat Refleksi

Prospek jasa pijat refleksi cukup menarik namun pertumbuhannya lambat

Kontan,27 Oktober 2011
Fitri Nur Arifenie
NAMA Suhu Yo mencuat setelah membintangi sejumlah iklan kontan premium. Terkenal dalam hal ramal meramal, Suhu Yo juga memliki bisnis pengobatan alternatif dan refleksi. Klinik Suhu Yo berdiri sejak 2006 dan kini telah memiliki 18 cabang di Jabodetabek, Bandung, dan Cirebon.
Untuk bisa mengembangkan usaha, klinik Suhu Yo juga mulai menawarkan sitem waralaba. Namun tidak semua sector bisnis Klinik Suhu Yo ditawarkans saat ini dia hanya menawarkan usaha pijat refleksi bernama nama Shaolin Refleksy.
Mulai ditawarkan tahun ini, Suhu Yo mengaku sudah memiliki dua outlet milik mitra di Mangga Dua Square, Jakarta Utara dan Taman Galaxy, Bekasi.
Jika Anda tertarik membuka usaha pijat refleksi Suhu Yo ini, mka Anda perlu menyiapkan investasi awal sebesar Rp 100 juta. Menurut Suhu Yo dana ini akan digunakan untuk kerjasama selama 2 tahun. Selain itu, calon terwaralaba juga akan mendapatkan pelatihan terapis, training manajer, dan sistem promosi.
Walau menawarkan sistem waralaba, “Shaolin reflekxy tak memerlukan royalty fee atai franchise fee,” ujar Suhu Yo. Selain menyiapkan dana Rp 100 juta, Suhu Yo juga mensyaratkan calon investor menyediakan tempat usaha minimal seluas 100 m2 dan 20 kursioijat refleksi.
Untuk menarik investor, saat ini Suhu Yo menawarkan program potongan biaya sebesar 50%, sehingga biaya investasi yang diperlukan hanya Rp 50 juta. “ Potongan harga untuk 10 orang pendaftar pertama. Sudah dua berarti tinggal 8 lagi. Setelah itu harga normal.”lanjutnya.
Dengan target 20 pasien tiap hari, omzet yang bisa diraih oleh terwaralaba berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta. Sebab, harga layanan terapi refleksi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per orang per layanan.
Shaolin Reflekxy melayani refleksi kaki dan tangan, pijat seluruh tubuh, bekam,dan totok aura. Selain tiu ada lulur, terapi lilin, dan masker penyejuk ”kalau satu bulan tinggal kalikan saja . bisnis seperti ini tak pernah mati, orang akan datang terus,” Suhu Yo, optimis.
Agar bisnisnya ramai, suhu Yo mengaku tidak main-main dalam pelayanan dan kemampuan terapis. Para etrapis diajarkan teknik pijat perpaduan China dan Singapura.
Dengan teknik ini, dia mengklaim, konsumen yang datang tidak akan mengeluh sakit. Untuk menjaga image, terapis pria hanya boleh memijat pasien pria. Begitu juga dengan terapis wanita hanya boleh memijat wanita. “kalau hanya kaki dan tangan, terapis pria bisa memijat wanita dan sebaliknya. Tapi kalau seluruh tubuh, terapis pria harus memijat pasien pria,” katanya.
Walaupun investasinya cukup mahal, pengamat waralaba, Erwin Halim mengatakan prospek jasa waralaba Shaoilin Reflexy cukup bagus. Hanya saja, usaha pijat refleksi sudah menjamur. Bahkan ia melihat beberapa waralaba pijat refleksi yang sudah cukup terkenal memiliki pertumbuhan yang lambat. “ Dalam beberapa tahun mereka Cuma buka lima hingga enam outlet,” katanya.
Agar bisa lebih cepat terkenal, Erwin menyarankan agar Shaolin Reflexy tetap membawa embel-embel nama Suhu Yo yang sudah terkenal. Selain itu, Erwin juga mneyarankan agar calon investor lebih berhati-hati memilih waralaba dengan jeli melihat laporan keuangan.

Klinik Suhu Yo
Mall Mangga Dua Square
Lt. 1 Blok A No. 52-57
Telp : 021-9228-1312

No comments:

Post a Comment