Thursday, December 12, 2013

Bagaimana Memulai Bisnis di Luar Negeri?



Pertanyaan:
Yth, Pak Erwin,
    Saya alumni salah satu universitas di Australia. Selama kuliah, saya sering membawa makanan kering dari Indonesia. Ternyata, komunitas orang-orang Indonesia yangada di Australia sangat menyukai produk yang saya bawa. Hanya saja, produk yang saya bawa ini masih tradisonal dan tanpa merek.
    Sekarang, saya sedang melanjutkan studi saya. Pengalaman ini membuat saya ingin berbisnis di Australia. Saya berencana membuat panganan kering dari Indonesia untuk dijual di Australia. Selain membuat merek, saya ingin makanan kering ini di packaging agar lebih professional. Mohon saran Bapak.


Ellis Widjaya
Australia

Ibu Elli, melihat suatu peluang dari sesuatu yang Anda kerjakan secara tidak sengaja merupakan hal yang baik sekali. Pada saat orang lain sulit memulai bisnis, Anda sudah mendapatkan peluang itu.

    Yang menarik di sini, adalah bisnis yang Anda akan jalankan menyangkut dua Negara: Indonesia dan Australia. Perlu dipikirkan, adakah perizinan yang harus Anda urus di sana. Semisal pembentukan perusahaan atau badan usaha.

    Selain itu, Anda juga harus megetahui aturan hubungan dengan ekspor dan impor. Jika Anda ingin mengirim barang dari Indonesia yang melakukan impor, mengetahui aturan berhubungan dengan ekspor dan impo. Jika Anda ingin mengirim barang dari Indonesia yang melakukan ekspor atau badan usaha di Australia yang melakukan impor. Namun, jika Anda menjual dari skala kecil, cukup mengirim lewat jasa pengiriman udara.

    Mengingat produk yang akan Anda pasarkan secara professional adalah makanan kering, tentunya ada ketentuan lain, khususnya di Negara Australia. Anda harus memperhatikan dan mengetahui persyaratan apa saja yang diminta untuk memasukkanmakanan ke Australia. Menurut saya, ini tidak mudah.

    Soal kamasan (packaging), dengan mengemas ulang berarti Anda bertanggung jawab terhadap produk yang Anda kemas. Termasuk Anda harus mengurus perizinan tentang makanan di BP POM atau mengurus perizinan produk Industri Rumah Tangga (IRT). Ini sisi dari sisi Indonesia.

    Namun, dari sisi Australia apkah itu cukup? Untuk itu, Anda perlu mencari informasi detailnya disana.

    Kemasan bukan hanya memberi kesan professional, tapi juga membuat produk menjadi premium dan menarik. Namun, kemasan juga juga menjadi salah satu alat agar produk kita tidak cepat rusak dan aman. Sehingga faktor higienis, estetis terjaga.

    Jika informasi saya yang berikan agak merepotkan, usul saya Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan local Australia dengan bayar sedikit biaya untuk memasukan produk Anda.

    Jika memungkinkan, Anda bisa menjadi partner di Australia sehingga Anda hanya berkonsentrasi pada perngiriman barang dari Indonesia. Pihak partner local Australia lah yang mengurus perizinan agar produk Anda dapar masuk ke sana.

Semoga jawaban saya yang singkat ini dapat membantu Anda. Artikel-artikel yang di tulis dapat di baca di http://1000pengusaha.wordpress.com. Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan pembaca dapat mengirim email ke: erwin.halim.mba@gmail.com.

Sumber : Koran Kontan 06 Desember 2013
   

No comments:

Post a Comment