Friday, May 31, 2013

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Online

PERTANYAAN:
Pak Erwin Yth.
Saya serorang mahasiswi saat ini saya menjalankan bisnis online di waktu luang saya. Produk yang saya jual adalah kaos jersey club sepak bola yang merupakan barang impor original. Pertanyaan saya adalah, sejak berjualan kaos jersey ini saya tidak dapat mengatur waktu kuliah. Kedua, saya ingin dapat membeli langsung produk yang saya jual dari luar negeri, bagaimana cara yang murah dan cepat.
Wena
Di Alam Sutera

JAWABAN:
Dear Sdri. Wena,
Jikalau Anda merasa bisnis online anda sudah mengganggu waktu anda kuliah, ada kemungkinan bisnis anda sudah semakin baik, order semakin banyak order sehingga akhirnya anda kewalahan. Ini pertanda baik untuk suatu bisnis. Hanya, saat ini persoalannya, ternyata usaha tersebut telah mengganggu aktivitas kuliah,”pekerjaan” utama anda pada saat ini.

Ada solusinya dan relative mudah. Buat saja analisis usaha. Kalau ternyata bisnis online ini secara profit sudah mencapai beberapa kali lipat dari UMP (Upah Minimum Propinsi) tentunya sudah layak anda mulai memperkerjakan orang lain. Misalnya, carilah seorang atau beberapa orang karyawan untuk menjalankan bisnis anda.

Jika berdasarkan analisis ternyata profit tersebut belum mencapai beberapa kali UMP, anda bisa memilih skema bagi hasil dengan orang lain yang menjalankan sebagian pekerjaan Anda.

Saran saya, masalah keuangan jangan dulu diserahkan ke orang lain. Artinya tetap harus anda pegang sendiri. Untuk masalah operasional dan marketing bisa anda libatkan orang lain. Sehingga kegiatan yang menyita waktu pekerjaan utama anda tidak lagi mengganggu.

Yang kedua, mengenai bagaimana kalau mau mendapat supplier langsung dari luar negeri. Pertanyaan anda ini sudah juga ditanyakan oleh banyak pemain usaha online. Jawabannya tidak sulit.

Jika anda mempunyai kartu kredit, anda dapat langsung melakukan transaksi dan membeli secara online untuk mencari supplier.carilah supplier di luar negeri sana yang harganya bersaing. Tentunya dengan kualitas yang anda inginkan, mulailah dengan jumlah sedikit dulu. Setelah anda dapat percaya kualitas dan pengirimannya barulah membeli lebih banyak.

Untuk menjaga keamanan penggunaan kartu kredit anda terhadap “carding” hati-hatilah menggunakan kartu dalam berbelanja. Untuk amannya gunakan jasa broker seperti paypal dimana sebagai pembeli anda tidak dikenakan biaya. Dengan demikian, anda terhindar dari memberikan nomor kartu kredit langsung di dunia maya.

Namun harus dipertimbangkan, jikalau anda dapat membeli langsung namun jika ternyata lebih repot dan lebih mahal, bukankah sebaiknya membeli dari supplier anda sekarang ini? Tentunya jika masalah anda adalah tidak mau tergantung hanya pada satu supplier yang ada saat ini, anda dapat mencari lagi supplier lain, termasuk supplier yang ada di Indonesia.

Ada kemungkinan dengan pertanyaan anda di Rubrik Konsultasi Usaha ini, kemudian ada yang tertarik menjadi supplier dan menjadi mitra usaha anda. Maka, silahkan kirim email anda ke saya.

Salah satu hal yang menarik dalam berbisnis online adalah mencari “marketing channel” yang unik. Sebagai seorang pebisnis online anda harus mencari maketing channel apa yang paling baik untuk produk anda. Dan lagi, hal ini juga unik untuk masing-masing pelanggan. Jadi anda harus mencari marketing channel untuk produk dan pelanggan anda. Memberi jawaban untuk anda.Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan,  pembaca dapat mengirim email ke Erwin.halim.mba@gmail.com.



Sumber : Kontan 31 Mei 2013

No comments:

Post a Comment