Sunday, July 10, 2011

Mencicipi Laba Manis Brownies Martabak

Tawaran Kemitraan valentino’s dari Depok, Jawa Barat

Wahyu Tri Rahmawati,
Raymond Reynaldi, Kontan, 5 Oktober 2010

JAKARTA. Anda Penggermar kue brownies martabak ?. Jika ya, pernahkah Anda menikmati panganan yang merupakan kombinasi keduanya ? Jika belum, Anda bisa mencicipi dengan menyambangi jalan Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat.
Disana, Anda akan menjumpai sebuah gerai makanan bernama Valentino’s. Gerai ini menyediakan menu makanan, yang proses pembuatannya merupakan perpaduan antara brownies dan martabak. Makanan ini terbuat dari bahan baku brownies, tapi diolah seperti martabak manis. Produknya pun diberi nama brownies martabak.
      Wien Setya, pemilik Valentino’s baru menekuni usaha brownies martabak ini sejak dua bulan lalu. Dibawah bendera usaha CV Wien Setya, Wien menawarkan produk makanan ciptaannya itu dalam tiga ukuran, yakni loyang mini dengan diameter 10 centimeter (cm), regular ukuran 18 cm, dan premium berdiameter 24 cm.
      Harga brownies martabak mini sebesar Rp 6.000 per loyang. Sedangkan martabak ukuran regular dan premium harganya Rp 20.000 dan Rp 33.000 per loyang.
      Menurut Andre Mokoginta, General Manager Wien Setya, saat ini ada tujuh varian rasa brownies martabak. Yakni rasa cokelat pisang, cokelat keju, cokelat kacang,
cokelat stroberi, pisang keju, pandan keju kismis dan jeruk kismis. Dalam memasarkan brownies martabak, Valentino’s membidik target pasar menengah ke atas. Maklum, harga ukuran regular dan premium terbilang mahal dibandingkan harga jual makanan sejenis.
      Sebenarnya, kata Andre, brownies martabak ditargetkan menjadi jajanan buah tangan alias oleh-oleh. “Sebab, makanan ini bisa bertahan tiga hinggan empat hari,” katanya sembari berpromosi.
      Dia menambahkan, kendati usaha ini baru berjalan sejak dua bulan lalu, penjualannya sudah cukup moncer. “Kami bisa menjual sekitar 25 loyang per hari,” kata Andre.
      Dia mengakui, saat ini usaha yang dirintis perusahaannya belum balik modal (BEP). Perhitungannya, Valentino’s baru akan mencapai BEP dalam waktu 4 bulan setelah usaha ber-jalan.
      Cepatnya perputaran balik modal itu membuat manajemen Valentino’s percaya diri membuka tawaran kemitraan sejak awal bulan ini. Gayung pun bersambut. Saat ini, sudah ada 15 calon mitra yang tertarik menekuni usaha brownies martabak. “Dua diantaranya akan membuka gerai Oktober ini,” katanya. Kedua mitra tersebut akan membuka gerai masing-masing di Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur. Disemarang, mitra Valentino’s akan membuka gerai dalam bentuk ruko. Bagi calon mitra yang ber-minat berbisnis brownies martabak, Wien menawarkan dua paket kemitraan.Pertama, kemitraan berkon-sep ala miniresto dengan nilai investasi awal Rp 98 juta. Kedua, kemitraan berbentuk booth, nilai investasinya Rp 32 juta.
      Biaya investasi awal untuk kedua tipe kemitraan itu sudah termasuk franchise fee sebesar 5 juta selama 5 tahun. “Jika dalam waktu empat bulan mitra tidak berhasil meraih balik modal, kami akan mengembalikan franchise fee,” imbuh andre.
   Dengan biaya investasi yang dikeluarkan, mitra akan mendapatkan satu gerai, sejumlah peralatan serta perlengkapan usaha. Di antaranya, dua loyang berukuran 18 cm dan 24 cm, satu loyang mini, dua tabung gas, meja masak, bahan baku dan kemasannya, seragam, serta peralatan lainnya.
   Agar bisa balik modal dalam empat bulan, andre menargetkan si mitra mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 600.000 per hari dan laba sekitar Rp 6,77 juta per bulan.
     
Survei dulu selera pasar

      Pemerhati dan konsultan waralaba dari Proverb Consulting Erwin Halim menilai, untuk menjalin kemitraan di bisnis seperti brownies martabak, calon mitra harus meneliti terlebih dahulu rekam jejak usaha tersebut dan laporan keuangannya, “Itu minimal selama setahun,” ujarnya.
      Menurut Erwin, cara tersebut perlu dilakukan agar calon mitra dapat mengukur waktu mencapi titik impas investasi yang dikeluarkan.
      Dia menilai, peluang bisnis makanan tetap menggiurkan untuk dijalankan oleh investor. Namun, calon mitra harus pandai menangkap selera pasar. “Jangan asal membuat produk makanan tanpa di juji pasar. Kalau konsumen tidak suka, bisnis itu malah nisa tidak laku,” tandasnya. Jadi, sebaiknya calon investor melakuakn survey selera pasar yang akan menjadi objek usahanya terlebih dahulu. “Kan produk ini masih tergolong baru di lidah konsumen,” cetus Erwin.
      Jangan sampai peluang bisnis ini hanya laku di awal, setelah itu di tinggal oleh pelanggan yang merasa asing dengan produk makanan itu. “Segmen pasar juga harus jelas, baik dari skala ekonomi, umur atau status sosialnya,” ujarnya
       

Brownies Martabak
Jl. Tole Iskandar No. 44
Depok II, Jawa Barat
Telp : 021-71614138

No comments:

Post a Comment